Sinergi Kanwil IV KPPU dan Koarmada II, Ciptakan Persaingan Sehat

Surabaya (19/08) – KPPU melalui Kanwil IV KPPU Surabaya melakukan audiensi dengan Komando Armada II (Koarmada II). Tim KPPU yang di Pimpin oleh Kepala Kanwil IV, Dendy R. Sutrisno diterima oleh Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E.,M.M. Tujuan dilaksanakan audiensi ini adalah untuk memperkenalkan nomenklatur Kantor Wilayah IV KPPU Surabaya yang saat ini mempunyai wilayah kerja Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Audiensi ini juga merupakan langkah awal Kanwil IV masuk dalam pengawasan industri kelautan dan kemaritiman.
“KPPU ingin turut berkontribusi dalam pengembangan usaha di segala sektor, termasuk di sektor kemaritiman”, jelas Dendy. Seperti diketahui KPPU mempunyai tugas penegakan hukum bidang persaingan usaha, advokasi kebijakan, pengawasan notifikasi merger akuisisi serta pengawasan kemitraan.

Kaskoarmada II dalam audiensi ini menyatakan bahwa setiap bidang usaha dapat mensejahterakan ekonomi masyarakat dan negara jika berlandaskan dengan hukum-hukum dan hak usaha yang terkait.“Koarmada II siap membantu sinergitas dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing instansi, bahkan termasuk penegakan hukum yang berlaku”, tegas Kasarmada II.

Dalam TNI Angkatan Laut sendiri juga terdapat Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut yang mempunyai fungsi pembinaan potensi nasional maritim yang meliputi pembinaan sumber daya manusia, sumber daya alam dan buatan, sarana dan prasarana nasional, ilmu pengetahuan dan tekhnologi di bidang maritim nilai-nilai luhur/kearifan lokal bidang maritim serta dinamisasi pembangunan kelautan. Terkait dengan hal tersebut, KPPU yang juga mempunyai tugas pengawasan kemitraan, diharapkan kedepannya dapat berkolaborasi dan bersinergi untuk melakukan pengawasan kemitraan dalam sektor kemaritiman.