Kanwil IV Perkenalkan Diri Kepada Sri Sultan HB X

Yogyakarta ( 24/07) – Kepala Kantor Wilayah IV KPPU Surabaya, Dendy R. Sutrisno dan rombongan menghadap kepada Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X di Gedhong Gadri, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, Dendy juga memaparkan nomenklatur baru kepada Gubernur DIY terkait keberadaan Kanwil KPPU yang kini telah diperluas hingga ke region DIY dan Jateng per Juni 2019. Lebih lanjut, Dendy menjelaskan beberapa upaya yang dapat dilakuan KPPU terkait dengan percepatan pembangunan DIY. “Salah satunya dapat membantu Sultan me-review Perda atau Pergub yang mungkin beririsan dengan persaingan usaha. Kami juga ingin mendorong masifnya pertumbuhan kemitraan di daerah, dalam arti kemitraan yang sehat. Karena kami melihat disparitas dimana 99 persen usaha mikro masih mendominasi, sementara 1%-nya adalah usaha menengah besar,” ujar Dendy. Dendy menjelaskan, rencana ini perlu didukung dengan peranan Bank Indonesia sebagai lead sector pengamanan inflasi.

Sri Sultan mengapresiasi inisiatif Kanwil IV dalam proses percepatan pembangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui penciptaan iklim usaha yang sehat. “Saya berharap KPPU bisa melihat kondisi perekonomian di DIY ini secara bijak, mengingat banyak nilai-nilai yang tumbuh di masyarakat menjadi penopang pertumbuhan perekonomian di Yogyakarta”, jelas Sri Sultan.

Hal senada juga disampaikan oleh Deputi Direktur Bank Indonesia Cabang Yogyakarta, Miyono. “KPPU ini menjadi lembaga yang bersinergi dengan TPID dalam hal pengendalian harga. KPPU akan memberi kontribusi positif terhadap upaya kestabilan harga, sehingga harga yang terjadi di masyarakat itu adalah harga pasar. Harapannya, inflasi rendah, daya beli masyarakat terjaga dengan baik, sehingga kesejahteraan masyarakat juga terjaga dengan baik, tidak perlu meningkat,” Jelas Miyono.

Sebagai informasi, terkait eksistensi Kanwil IV KPPU di Wilayah yang baru ini, Kanwil IV KPPU akan melakukan sosialisasi di terhadap Pemerintah Daerah Yogyakarta dan Kalangan Pelaku Usaha di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Link video kegiatan di atas dapat dilihat di sini.