Mendekat dengan Gubernur Jatim

Surabaya (23/2) – Berupaya menjadi lebih dekat lagi dengan pemerintahan Provinsi Jawa Timur, KPPU bersama KPD Surabaya menggelar audiensi dengan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, atau yang akrab dipanggil Pakde Karwo, pada 23 Februari 2018.

Skejul utama dari audiensi ini dilakukan guna membahas rencana pembangunan pasar induk beras di wilayah Jawa Timur, yang akan difungsikan sebagai pesaing pasar induk beras di Cipinang, Jakarta, yang saat ini menjadi satu-satunya pasar induk beras di Indonesia. Dengan adanya rencana ini, maka posisi Jawa Timur sebagai pemasok beras utama di Indonesia, dapat menjadi barometer baru pasokan beras selain Cipinang, serta pergerakan harga beras tidak hanya bergantung pada harga beras di Cipinang.

Beririsan dengan rencana ini, Pakde Karwo menyatakan bahwa Jawa Timur sebagai menyuplai beras terbesar ke 15 Provinsi yang ada di Indonesia, menginginkan kajian yang lebih jauh lagi, apakah pasar beras Jawa Timur diperlukan, agar rencana ini tidak gagal ke depannya.

Komisioner M. Nawir Messi dalam paparannya pun menjelaskan bahwa tujuan dari rencana ini adalah sebagai pemecah konsentrasi pasar akan harga beras, yang tidak hanya berpusat di Jakarta, sehingga ke depannya mafia-mafia pasar dan penguasa pasar tidak terjadi di Indonesia. Serta mendapatkan harga beras yang baik dan bersaing. (DP/IP)