KPPU Surabaya Menjadi Narasumber Pelatihan Advokat dan Mediator Universitas Trunojoyo Madura


IMG_20161128_110225
 IMG_20161128_103000

Bangkalan (28/11) – KPPU Surabaya terlibat menjadi salah satu narasumber dalam acara Pelatihan Dasar Advokat dan Mediator Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Keislaman Universitas Trunojoyo Madura. Hadir pula sebagai narasumber pada kesempatan itu Ketua Pengadilan Agama Bangkalan, Eko Budiono, dan Ketua Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Madura, Sulaisi Aburrazaq.

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 80 mahasiswa Jurusan Hukum Bisnis Syariah Fakultas Ilmu Keislaman Universitas Trunojoyo Madura. Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Hukum Bisinis Syari’ah, Achmad Mus’if menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan Dasar Advokat merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Keislaman untuk memberikan pembekalan bagi para mahasiswa yang kelak berprofesi sebagai advokat, mediator, dan hakim di Pengadilan Agama.

Dalam paparannya, Kepala Bagian Penegakan Hukum KPD Surabaya, Ima Damayanti menjelaskan mengenai tugas dan kewenangan KPPU, tata cara penanganan perkara di KPPU, beberapa contoh kasus yang telah diputus oleh KPPU dan beberapa saran pertimbangan yang telah disampaikan oleh KPPU kepada Pemerintah.

Antusiasme para peserta pelatihan terhadap ilmu persaingan usaha sangat tinggi, terlihat dari sesi diskusi dan tanya jawab yang dinamis. Ilmu hukum persaingan usaha dan kedudukan KPPU sebagai lembaga pengawas persaingan usaha di Indonesia memang masih tergolong baru bagi para mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, khususnya Fakultas Ilmu Keislaman. Oleh karena itu hadirnya KPPU sebagai narasumber dalam acara pelatihan tersebut merupakan upaya KPPU untuk menginternalisasi nilai-nilai persaingan usaha yang sehat kepada lingkungan akademisi.