Gandeng Universitas Merdeka Malang, KPPU Surabaya Selenggarakan Kuliah Tamu

IMG-20161130-WA0015    IMG-20161130-WA0017
Malang (30/11) – KPPU Surabaya bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Merdeka Malang menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan Tema “Kuliah Hukum Persaingan Usaha, Tugas dan Peran KPPU” bertempat di Fakultas Hukum Universitas Merdeka Malang dengan dihadiri oleh sekitar 80 orang mahasiswa beserta dosen.
Dalam sambutannya, Komisioner KPPU, Sukarmi menyampaikan secara singkat mengenai tugas dan kewenangan KPPU sebagai lembaga pengawas persaingan usaha di Indonesia. Disampaikan pula kinerja KPPU yang concern terhadap sektor-sektor strategis di Indonesia, seperti sektor penerbangan dan sektor telekomunikasi. Di sektor penerbangan KPPU telah mengeluarkan saran kebijakan kepada pemerintah terkait penetapan tarif angkutan udara oleh INACA. Sedangkan di sektor Telekomunikasi, pada tahun 2007 KPPU memutuskan perkara kartel SMS.
Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Merdeka Malang, Setiyono. Pada kesempatannya beliau menyampaikan terima kasih kepada KPPU karena telah bersedia menyelenggarakan kuliah tamu terkait hukum persaingan usaha di Fakultas Hukum Universitas Merdeka Malang. Saat ini hukum persaingan usaha merupakan mata kuliah pilihan pada konsentrasi hukum bisnis. Pihaknya mengharapkan agar kerjasama antara KPPU dengan Universitas Merdeka Malang dapat dituangkan secara resmi dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU).
Selain Komisioner KPPU dan Dekan FH Unmer, Malang, hadir pula dalam acara tersebut Kepala KPD Surabaya, Aru Armando, dan Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Merdeka Malang, I.G. Ngurah Adnyana. Dalam paparannya, Aru menyampaikan mengenai konsep persaingan usaha secara sederhana, dan beberapa posisi kasus dalam perkara KPPU yang telah diputus. Selanjutnya, Ngurah Adnyana menyampaikan materi terkait teori ilmu hukum persaingan usaha, serta tugas dan kewenangan KPPU dilihat dari sudut pandang hukum positif di Indonesia.