Forum Studi Bisnis Fakultas Hukum Universitas Airlangga Kunjungi KPPU Surabaya


IMG-20161128-WA0009
 IMG-20161128-WA0019

Surabaya (28/11) – KPD Surabaya menerima kehadiran mahasiswa mahasiswi dari Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang tergabung dalam Forum Studi Bisnis (FSB).
Dalam paparan nya, Kepala KPD Surabaya, Aru Armando menyampaikan peran pemuda sangat penting sebagai agent of change dalam mengawasi persaingan usaha tidak sehat. Ketua FSB FH Unair yang hadir dalam kegiatan ini, Irfan Naufal, sangat setuju akan pendapat tersebut. Ia menjelaskan bahwa tugas FSB adalah mengkaji keilmuan hukum bisnis. Aru menjelaskan bahwa pengalaman organisasi sangat penting bagi pemuda.
Mahasiswa sebaiknya jangan hanya dianggap tugasnya belajar di kampus saja tetapi harus aktif berkegiatan organisasi dan memberikan sumbangsih nyata untuk masyarakat. Mendirikan komunitas dan organisasi ketika S1 merupakan pengalaman yang sangat berharga dan bermanfaat sebagai bekal terjun dalam kehidupan bermasyarakat dikemudian hari, apalagi menyongsong era perdagangan bebas yang membutuhkan skill yang mumpuni untuk dapat bersaing dengan sumber daya dari luar Indonesia.
Peran pemuda di Indonesia menurut Aru sangat strategis, apalagi pemuda terdidik, dalam hal ini khususnya adalah mahasiswa. Menurut Aru, dalam struktur piramida sosial ditinjau dari sisi intelektual, posisi mahasiswa sangat strategis mengingat mahasiswa dapat menjadi penghubung antara kaum elit penguasa dengan masyarakat umum, dan sebaliknya, menyuarakan aspirasi masyarakat kepada elit penguasa.
Pemuda dari kalangan terpelajar diharapkan menjadi agen dalam menegakkan hukum persaingan usaha yang sehat di Indonesia. Oleh karena itu, harus ada peran yang dimainkan, setiap kegiatan yang pemuda lakukan jangan hanya mementingkan diri sendiri atau mengambil manfaat untuk diri sendiri tetapi seyogyanya memberikan manfaat bagi orang lain, masyarakat dan Negara. Kegiatan berorganisasi meningkatkan kompetensi kehidupan bermasyarakat bagi para pemuda Indonesia.
Semangat untuk bekerja dan belajar seta membuat perubahan sebagaimana organisasi FSB atau organisasi / komunitas lainnya setidaknya memberi sumbangsih positif kepada kampus terlebih dahulu kemudian ke masyarakat yang lebih luas. Membuat perubahan di kampus sendiri merupakan salah satu hal yang sederhana yang dapat dimulai dari sekarang.
Mencermati dinamika di kampus seperti disampaikan oleh FSB, Aru berpendapat, persaingan antar kegiatan mahasiswa merupakan hal yang positif sama seperti persaingan usaha. Hal itu menumbuhkan inovasi dan kreatifitas. FSB dan anggotanya sebaiknya percaya diri dan tidak ragu-ragu untuk bersaing dengan komunitas lain dalam hal positif. KPPU siap mendukung kegiatan kemahasiswaan sepanjang hal itu positif.