Sinergi KPPU Surabaya – BPK Perwakilan Jatim dalam rangka Implementasi MoU KPPU-BPK RI

SONY DSC
Kepala KPPU KPD Surabaya, Aru Armando tampil menjadi pembicara di hadapan para Pemeriksa di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dalam acara sosialisasi dengan tema “ Membangun Sinergitas dalam Rangka Implementasi MoU BPK RI – KPPU RI”.
Acara yang diselenggarakan di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur pada tanggal 7 November 2016 tersebut merupakan salah satu upaya KPPU Surabaya untuk menyosialisasikan tugas dan kewenangan KPPU serta eksistensi Memorandum of Understanding (MoU) antara KPPU dan BPK RI yang telah ditandatangani oleh Ketua KPPU RI, M Syarkawi Rauf dan Ketua BPK RI, Harry Azhar Azis pada tanggal 24 Mei 2016.

IMG-20161107-WA0003
Dalam sambutannya, Kepala Sub Bagian Hukum, Sigit Pratama Yudha, menyampaikan bahwa terselenggaranya acara sosialisasi tersebut merupakan tindak lanjut dari ditandatanganinya MoU antara KPPU dan BPKI RI yang pada pokoknya memuat kerjasama dalam hal pertukaran
informasi, penggunaan tenaga ahli, pendidikan dan pelatihan serta sosialisasi, dan pengembangan sistem informasi. Diharapkan para peserta yang sebagian besar merupakan Tim Pemeriksa Belanja Daerah dapat mengambil manfaat dari diselenggarakannya sosialisasi untuk dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas pemeriksaan.
Dalam paparannya, Aru menjelaskan mengenai definisi indikasi persekongkolan dalam tender, dan juga beberapa contoh indikasi persekongkolan yang sering digunakan oleh KPPU dalam proses penyelidikan perkara tender. Disampaikan pula mengenai konsep persaingan usaha secara sederhana.