Study Visit Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada ke KPPU Surabaya

IMG-20161014-WA0003    

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada Yogyakarta (FH UGM) yang tergabung dalam komunitas Business Law Community (BLC) melakukan kunjungan ke KPPU Surabaya pada Jumat, 14 Oktober 2016. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengetahui tentang peran KPPU dalam melakukan Pengawasan Persaingan Usaha di Indonesia dan Penerapan Sanksi terhadap Pelanggarannya. Diharapkan pula para mahasiswa BLC FH UGM memahami ilmu hukum persaingan usaha tidak hanya dari segi teoritis namun juga bagaimana teori dan ilmu persaingan usaha tesebut diimplementasikan dalam perkara-perkara yang ditangani oleh KPPU.
Dalam sesi penyampaian materi, Kepala Bagian Penegakan Hukum KPD Surabaya, Ima Damayanti menjelaskan mengenai kewenangan pokok KPPU yang berupa penegakan hukum, advokasi kebijakan, pengendalian merger, dan pengawasan kemitraan. Selanjutnya dijelaskan mengenai jenis sanksi yang dapat dikenakan KPPU terhadap pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Selain itu juga disampaikan secara sekilas mengenai tata cara penanganan perkara di KPPU dan beberapa perkara besar yang pernah ditangani oleh KPPU antara lain kartel SMS, kartel minyak goreng, dan kartel ban. Pada bagian akhir sesi paparan, Ima juga menyampaikan bahwa KPPU Surabaya membuka program magang kerja yang dapat diikuti oleh para mahasiswa dari universitas manapun.

IMG-20161014-WA0008
Sementara itu, Koordinator BLC FH UGM, Seno Aji Haryanto dalam kesempatannya menyampaikan bahwa kegiatan study visit merupakan salah satu program yang dilakukan oleh BLC sebagai suatu komunitas mahasiwa penempuh mata kuliah konsentrasi hukum bisnis. Tujuan dilakukannya study visit ke lembaga negara maupun perusahaan antara lain untuk meningkatkan pemahaman dalam keilmuan hukum bisnis dari segi praktek di lapangan. Kunjungan BLC FH UGM ke KPPU Surabaya merupakan kunjungan pertama dan akan direncanakan untuk dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.
Penerimaan kunjungan dari Perguruan Tinggi ke Kantor Perwakilan Daerah KPPU Surabaya merupakan salah satu cara KPPU Surabaya untuk melakukan internalisasi nilai-nilai persaingan usaha yang sehat di kalangan akademisi khususnya di kepada para mahasiswa yang merupakan agent of change.