Dialog KPPU Surabaya – KADIN Jawa Timur Bahas Pengawasan Kemitraan UMKM

IMG-20161017-WA0008

IMG-20161019-WA0001

KPPU Surabaya menyelenggarakan dialog bersama KADIN Jawa Timur untuk membahas pengawasan kemitraan UMKM dengan dihadiri oleh sekitar 100 pelaku usaha yang berada dibawah naungan KADIN Jatim. Hadir sebagai pembicara, Komisioner KPPU, Kamser Lumbanradja dan Saidah Sakwan, serta Ketua Kadin Surabaya, Jamhadi. Acara yang dibuka oleh Ketua Bidang UMKM Kadin Jatim, Muhammad Rizal, tersebut dilaksanakan dalam rangka mencapai hubungan kemitraan yang sehat dan berimbang, khususnya bagi para pelaku UMKM, agar tidak dirugikan oleh pelaku usaha besar yang bermitra.
Dalam sambutannya, Kamser Lumbanradja menyampaikan peran dan fungsi KPPU dalam pengawasan proses kemitraan yang ada serrta persaingan yang sehat bagi pelaku usaha UMKM mitra yang posisinya lemah dibandingkan pelaku usaha besar mitra. Kamser juga menyampaikan akan dibentuk Satgas Kemitraan sebagai tindakan nyata pengawasan dan perlindungan terhadap pelaku UMKM yang bermitra dengan pelaku usaha besar.
Ketua Kadin Surabaya, Jamhadi, menyampaikan bahwa struktur industri usaha kecil di Jatim masih sangat mendominasi yaitu sekitar 97,8%. UMKM memiliki peran yang penting sebagai tulang punggung perekonomian nasional dan memberikan kontribusi tertinggi dalam penyerapan tenaga kerja. Sayangnya, kurangnya pemberdayaan dan perlindungan hukum masih menjadi kendala utama dalam pengembangan UMKM.
Selanjutnya, dalam sesi penyampaian paparan, Saidah Sakwan menjelaskan kewenangan KPPU untuk mengawasi kemitraan UMKM sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Saidah menegaskan bahwa hubungan kemitraan dengan UMKM harus dilandaskan kepada perjanjian tertulis agar UMKM yang menjadi mitra mendapatkan perlindungan secara hukum. Dengan adanya perlindungan hukum, diharapkan UMKM dapat berkembang dan memiliki bargaining power yang seimbang dengan pelaku usaha mitra nya.
Acara yang berlangsung pada Senin, 17 Oktober 2016 di Hotel Bumi Surabaya tersebut merupakan salah satu upaya KPPU Surabaya untuk menyosialisasikan kewenangan KPPU dalam pengawasan kemitraan UMKM, serta memperoleh feed back dari pihak KADIN dan para peserta terkait praktek-praktek hubungan kemitraan yang selama ini dilaksanakan.