Study Visit AFCCP Mongolia ke KPD KPPU Surabaya

IMG-20160920-WA0004 KPPU Mongolia (AFCCP-Authority for Fair Competition and Consumer Protection Mongolia) melakukan study visit ke KPPU untuk mengetahui pelaksanaan tugas pengawasan persaingan usaha di Indonesia. Dalam serangkaian kegiatan AFCCP Mongolia tersebut, Kantor Perwakilan Daerah (KPD) KPPU Surabaya menjadi salah satu tempat AFCCP Mongolia singgah untuk berdiskusi. Dalam sambutannya, Kepala KPD KPPU Surabaya Aru Armando menyatakan pihaknya merasa bangga dan terhormat atas kesediaan AFCCP Mongolia untuk datang ke kantor KPD KPPU Surabaya. Sebagai salah satu dari lima kantor perwakilan KPPU, pihaknya siap berbagi pengalaman dengan delegasi AFCCP Mongolia yang dipimpin langsung oleh Ketua AFCCP Mongolia, Lkhagva Byambasuren.

Pada sesi penyampaian paparan, Kepala KPD KPPU Surabaya menjelaskan mengenai beberapa hal, diantaranya: tugas dan fungsi kantor perwakilan KPPU, kondisi persaingan usaha di wilayah kerja KPD KPPU Surabaya, peran KPD KPPU Surabaya, pola hubungan kantor perwakilan dengan pusat serta strategi untuk mempererat kerjasama dengan pemerintah daerah.
Dalam kesempatan tersebIMG-20160920-WA0005ut, Aru memaparkan data capaian kinerja dari KPD KPPU Surabaya sepanjang 2015 dan 2016. Diantaranya adalah capaian dalam pelaksanaan tugas penegakan hukum serta pelaksanaan tugas pada bidang pencegahan. Aru juga menambahkan, keberadaan serta peran KPPU harus terus disuarakan, baik dengan melakukan sosialisasi secara massif, maupun menjalin kerjasama erat dengan media. Kerjasama dengan media mutlak dilakukan untuk menginformasikan kegiatan dan pelaksanaan tugas KPPU kepada masyarakat.

Selain itu, lanjut Aru, pengembangan keilmuan dari hukum persaingan usaha harus ditingkatkan dengan menjalin kerjasama dengan pihak kampus dan akademisi. Hal ini sangat strategis, karena perkembangan dunia usaha yang sangat dinamis harus dapat diimbangi dengan perkembangan keilmuan dari hukum persaingan usaha. Tak lupa, ia juga menjelaskan program internship yang terus dijalankan secara berkesinambungan oleh KPD KPPU Surabaya.IMG-20160920-WA0003

Sementara, Ketua AFCCP Mongolia menyatakan sangat gembira dengan rangkaian study visit AFCCP Mongolia di KPPU yang diakhiri dengan kunjungan ke salah satu kantor perwakilan daerah KPPU. Dalam hal ini kantor perwakilan di Surabaya. Ketua AFCCP Mongolia merasa banyak hal yang didapatkan dalam serangkaian kegiatan study visit ke KPPU dan berharap hubungan kerjasama dengan KPPU dapat terus ditingkatkan kedepannya.

Study visit yang diselenggarakan pada Jumat, 16 September 2016 tersebut juga diikuti oleh Yanjinsuren Sodnomdorj, Adviser to Deputy Prime Minister Mongolia, staf AFCCP Mongolia serta perwakilan JICA.