KPPU Dorong UMKM di Banyuwangi Semakin Berkembang

SONY DSCSONY DSCKomisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kamser Lumbanradja menyatakan harapannya agar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Banyuwangi semakin berkembang. Harapan tersebut disampaikan dalam acara sosialisasi tugas dan peran KPPU dalam pengawasan kemitraan yang digelar Senin, 29 Agustus 2016 di Banyuwangi, Jawa Timur.
Dengan adanya tugas pengawasan kemitraan yang diatur didalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Kamser berharap pelaku usaha kecil dapat terlindungi dari perilaku penyalahgunaan posisi dominan dari pelaku usaha besar. Sehingga, dengan adanya perlindungan tersebut, diharapkan UMKM di Banyuwangi semakin berkembang.
Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang membuka acara yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Daerah (KPD) KPPU Surabaya menyatakan UMKM di Banyuwangi akan terus didorong untuk berkembang. Berbagai stimulan dan promosi terus digulirkan Pemerintah Kabupaten untuk meningkatkan daya saing UMKM.
Kepala KPD KPPU Surabaya, Aru Armando dalam kesempatan yang sama menyatakan nilai strategis UMKM di Banyuwangi yang memang harus dikembangkan. Dengan kelebihan luas wilayah, posisi yang strategis, serta potensi pariwisata Kabupaten Banyuwangi, maka banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan UMKM di Banyuwangi. Salah satu yang menarik dicermati adalah pemanfaatan teknologi informasi oleh Kabupaten Banyuwangi dalam mengembangkan UMKM.