Internalisasi Nilai Persaingan Usaha Sehat di Fakultas Hukum Universitas Jember


IMG-20160929-WA0003
 IMG-20160929-WA0000

Internalisasi persaingan usaha sehat melalui bidang pendidikan menjadi salah satu concern dari Kantor Perwakilan Daerah KPPU Surabaya. Universitas Jember (Unej) khususnya Fakultas Hukum (FH) merupakan salah satu tempat untuk melakukan internalisasi persaingan usaha di bagian timur Provinsi Jawa Timur.
Sebagai salah satu kampus utama di wilayah itu, maka keberadaan FH Unej sangatlah penting mengingat dari kampuslah lahir para sarjana di bidang hukum yang diharapkan di masa mendatang mampu membawa semangat persaingan usaha atau bisnis melalui cara – cara yang sehat sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di Indonesia, yaitu Undang – undang Nomor 5 Tahun 1999.
Ima Damayanti, Kepala Bagian Penegakan Hukum KPD Surabaya, beserta staf KPD Surabaya secara langsung menyampaikan hal itu kepada Dr. Nurul Ghufron, S.H., M.H., selaku Dekan FH Unej, yang dalam kesempatan itu didampingi oleh Mardi Handono, S.H., sebagai Pembantu Dekan (PD) II dan Iwan Rachmad Soetijono, S.H., M.H., sebagai Pembantu Dekan III, pada hari kamis 29 September 2016 di ruang kerjanya.
KPD Surabaya melihat pentingnya peran yang dimiliki FH Unej dalam menyebarkan ilmu persaingan kepada masyarakat di Jember dan sekitarnya melalui kegiatan – kegiatan yang dapat dilakukan bersama. Dekan sangat menyambut baik keinginan KPPU dan pihaknya melalui PD II dan PD III siap memfasilitasi KPPU dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. Di ujung pulau Jawa ini ada banyak isu persaingan yang diteliti oleh pihak Unej.
Kedua belah pihak menyepakati beberapa alternatif kegiatan yang dapat dijalankan ke depan semisal pengiriman mahasiswa FH Unej untuk praktik kerja di KPPU atau mengundang KPPU sebagai narasumber pada kuliah hukum dagang dan seminar. FH Unej mendorong KPPU untuk menyelenggarakan hearing di Jember untuk membahas isu persaingan usaha pada komoditas pangan strategis.