Program Magang KPPU Surabaya 2016


SONY DSC
Program magang yang dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan Derah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPD KPPU) Surabaya bertujuan untuk mengenalkan para Mahasiswa-Mahasiswi Universitas di Wilayah kerja KPD Surabaya baik dari sisi teori maupun praktek. Kegiatan ini diprogram untuk mengajak peserta magang melihat lebih dekat pelaksanaan tugas, kewenangan dan fungsi KPPU, khususnya KPD KPPU Surabaya.
Para peserta magang selain menimba materi dari internal KPPU juga diajak terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan KPD KPPU Surabaya. Materi teori dan praktek yang dikenalkan diantaranya meliputi kegiatan penegakan hukum (keikutsertaan sangat terbatas mengingat faktor kerahasiaan yang harus dijaga), kegiatan pencegahan, hingga materi dan kegiatan kehumasan. Selain itu, peserta magang diajarkan teknik analisa regulasi, data dan informasi.
Dalam kurun waktu Januari-Agustus 2016 KPD KPPU Surabaya telah menerima 53 peserta magang yang berasal dari berbagai kampus. Diantaranya adalah Universitas Airlangga, Surabaya, Universitas Brawijaya, Malang, Universitas Trunojoyo, Madura, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pondok Pesantren Darul Ulum, Jombang dan Universitas Pembangunan Negeri Veteran, Surabaya. Umumnya, peserta magang yang merupakan mahasiswa semester akhir tersebut berasal dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Administrasi Keuangan.
IMG-20160823-WA0026Besarnya animo Mahasiswa yang berkeinginan magang di KPD KPPU Surabaya ini tentu merupakan fakta yang menggembirakan. Kepala KPD KPPU Surabaya mengaku bangga dengan tingginya minat mahasiswa untuk magang di KPPU Surabaya. Hal ini menurut Aru merupakan kerja nyata para pimpinan KPD KPPU Surabaya terdahulu yang berhasil menanamkan pentingnya penerapan prinsip persaingan usaha sehat di lingkungan akademisi.
Para peserta magang ini menurut Aru, merupakan aset yang sangat berharga, karena dengan pemahamannya, peserta magang dapat menjadi media pengenalan dan penerapan prinsip persaingan usaha sehat di lingkungan kerja mereka di masa depan. Minimal, para peserta magang dapat menceritakan pengetahuan dan pengalaman mereka selama magang di KPPU kepada keluarga dan/atau lingkungan terdekatnya.
Semakin banyak peserta magang, dan semakin beragam latar belakangnya, akan menjadi efek bola salju yang positif. Oleh karena itu, atas segala partisipasinya, segenap jajaran KPD KPPU Surabaya mengucapkan terimakasih. Selamat dan semoga sukses di jenjang karir berikutnya.